Apa itu Maaggel?

Maaggel adalah obat yang berguna untuk meredakan berbagai keluhan akibat kelebihan asam lambung, seperti nyeri di lambung atau ulu hati, kembung, sendawa, mual, dan muntah. Obat ini dijual bebas dan bisa digunakan untuk mengatasi maag, penyakit asam lambung (GERD), dan tukak lambung.

Maaggel mengandung kombinasi calcium carbonate, magnesium trisilicate, dan simeticone. Calcium carbonate dan magnesium trisilicate berfungsi sebagai antasida yang dapat menetralkan keasaman lambung. Bentuk sediaan Maaggel adalah suspensi, sehingga bekerja lebih cepat, kurang dari 5 menit.

Kandungan dan Manfaat Maaggel

Kombinasi antasida dalam Maaggel sangat ideal untuk menetralkan asam lambung tanpa efek samping yang signifikan. Calcium carbonate merupakan antasida yang kuat, sedangkan magnesium trisilicate dapat melapisi dan melindungi dinding lambung serta mencegah sembelit yang sering terjadi akibat penggunaan calcium carbonate.

Selain itu, Maaggel juga mengandung simeticone yang dapat mengurangi gas yang terbentuk saat antasida menetralkan asam lambung, sehingga keluhan seperti kembung, begah, dan sering sendawa dapat berkurang.

Informasi Tentang Maaggel

  • Bahan aktif: Setiap 5 ml Maaggel mengandung 500 mg calcium carbonate, 250 mg magnesium trisilicate, dan 40 mg simeticone.
  • Golongan: Obat bebas.
  • Kategori: Antasida.
  • Manfaat: Meredakan gejala asam lambung berlebih pada GERD, gastritis, atau tukak lambung.
  • Dikonsumsi oleh: Dewasa.
  • Maaggel untuk ibu hamil dan menyusui: Antasida, terutama calcium carbonate, dapat menjadi pilihan pertama untuk meredakan asam lambung berlebih pada ibu hamil maupun menyusui. Namun, tetap konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat apa pun selama hamil atau menyusui.
  • Bentuk obat: Suspensi.

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Maaggel

Sebelum mengonsumsi Maaggel, perhatikan hal-hal berikut:

  • Jangan mengonsumsi Maaggel jika Anda alergi terhadap salah satu kandungan dalam obat ini.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda sedang menggunakan obat lain, termasuk suplemen dan produk herbal, untuk menghindari interaksi obat.
  • Segera hubungi dokter jika terjadi reaksi alergi setelah mengonsumsi obat ini.

Dosis dan Cara Penggunaan Maaggel

Dosis Maaggel untuk meredakan asam lambung berlebih berdasarkan usia adalah:

  • Dewasa: 5 ml per kali minum, diminum sebanyak 3-4 kali sehari.
  • Anak usia 6-12 tahun: 2,5 ml per kali minum, diminum sebanyak 3-4 kali sehari.

Cara Mengonsumsi Maaggel dengan Benar

Baca aturan pakai pada kemasan atau ikuti anjuran dokter sebelum mengonsumsi Maaggel. Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa persetujuan dokter. Obat ini dapat dihentikan segera setelah gejala mereda.

Maaggel sebaiknya dikonsumsi setelah makan. Namun, jika Anda akan mengonsumsi makanan yang dapat merangsang produksi asam lambung, seperti makanan yang asam, minumlah obat ini satu jam sebelum makan. Kocok botol terlebih dahulu sebelum menuangkan obat.

Simpan Maaggel di tempat bersuhu ruangan, kering, dan jauh dari paparan sinar matahari langsung serta jangkauan anak-anak.

Interaksi Maaggel dengan Obat Lain

Kandungan calcium carbonate dan simeticone dalam Maaggel dapat mengurangi penyerapan antibiotik golongan quinolone, seperti ciprofloxacin atau levofloxacin, serta antibiotik golongan tetracycline, seperti doxycycline.

Kombinasi obat dalam Maaggel juga dapat mengurangi penyerapan suplemen zat besi atau obat pengganti hormon tiroid.

Selain itu, calcium carbonate dalam Maaggel dapat meningkatkan risiko hiperkalsemia jika digunakan bersama obat diuretik thiazide, seperti hydrochlorothiazide.

Efek Samping Maaggel

Maaggel jarang menyebabkan efek samping. Jika ada, efek samping antasida biasanya ringan dan hilang setelah pengobatan selesai, seperti kram perut, sendawa, dan diare. Segera periksakan diri ke dokter jika keluhan tersebut tidak mereda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *